Akhirnya Saya Posting Lagi!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Ehemm… apah khabar semuaaaaahhhh??

saya.. mau minta maaf, karena udah ada ali ya 3 bulan ga update postingan dengan cerita-cerita norak ga bermutu saya!! tapi meski norak dan ga bermutu, nyatanya masih ada aja yang nyasar baca ini! Semoga mereka mendapatkan hidup yang cerah setelah membaca postingan-postingan saya yang ga berisi!!

Eeeeeeeeniweeeeeiiii…. ga nyangka lho!! Ada juga beberapa pembaca dan temen-temen yang sms, email, ato ngomong langsung “ituuhh kenapa blog nya ga di updet lagihhh??” Ya.. ya… benar, demi memuaskan hati pembaca.. (*kesannya nbanyak bgt ya yang baca blog saya???!!!) maka saya akan kembali produktif lagi menulis di blog, RALAT: maksudnya mostingin tulisan! Karena meski tulisan tidak di posting, sesunguhnya saya tetap menulis!! Hanya sulit menemukan waktu yang pasuntuk duduk berlama-lama nunggu loadingnya jalan!

So… berikut cerita saya kali ini…

Saya udah cerita kan kalo saya udah wisuda?? saya udah cerita gimana perjuangan saya tetep bangun ngetik semua itu?? saya udah cerita gimana paniknya saya menanti detik-detik ujian? saya udah cerita tentang pembimbing saya yang baik? saya juga udah cerita kan kalo penguji2 saya juga baik??

*pletaaaaaaaaaakkkk!!! udah Yaw!!!! kamu udah cerita semua itu sampe berbusa-busa!!

okeh.. okeh… santai Brooo!!! kalemm.. kalem…

Jadi… dua hari setelah wisuda dengan stagen penyiksaan super ketat melilit tubuh seharian (*biar keliatan langsing!! ), nelangsa mulai melanda! Bingung mau ngapain! Mau ngelamar kerja, ga tau kemana, ga tau gimana cara ngelamarnya! Belom pernah sih! Mungkin sebaiknya dari dulu saya udah sering nyoba-nyoba ya?

Tiba-tiba di suatu siang, saat saya belom mandi pagi… dapat telpon dari kampus. Saya ditanya udah ngelamar kemana. Saya bilang belom ada. Trus saya ditawarin untuk ikut interview di kampus. WAW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! langsung jejingkrakan!! Langsung teriak-teriak ke mama dan papa!! Yang juga disambut sorak sorai!! Meski belo tentu lulus, tapi paling ga udah ada sedikit cahaya!! So,siang itu jg saya dan mama membeli kemeja baru dan ro itam baru untuk interview!! kereeeeeeeen bgt!! Semalaman itu baju di pake,biar terbiasa, maklum… ga biasa pake baju keren, terbiasa pake daster siy!!!

Tibalah saat interview. Ternyata kami yang di ikut interview berlima,tapi satu lagi mengundurkan diri. Kami adalah.. saya, ipuy, mustakim, dan Lukman. Tadinya Marni juga, tapi dia ga datang, saya udah coba sms, tapi dia tetep ga mau datang. Dia punya alasan sendiri, dan saya menghargai itu. Saya gugup sekali, seumur-umur belom pernah ikut yang beginian!!! Ga tau interview itu kayak gimana, dan kira-kira tar saya ditanya apa aja. Saya dapat giliran kedua setelah Lukman. Agak pesimis, karena saya tau kalo Bang Lukman udah pengelaman bgt sama yang kayak gini. Dan.. berikut kenangan tentang interview yang berhasil saya ingat:

saya  : tokk..tok… Assalamualaikum bu…

Ibu yang interview  : Waalaikum salam, ya.. masuk..silakan duduk… Nama kamu siapa?

Saya  : Ayaw Jeweltz, Bu..

Ibu  : Hooo.. ya.. ya… saya ingat,kamu yang ikut organisasi ikatan alumni kampus kan?!

Saya  : Iya bu.. (sebenernya saya cukup sering berrusan dengan ibu ini untuk ursan seminar atau bakti sosial kemana-mana, tapi baru kali ini bener-bener memperkenalkan diri)

Ibu  : hmmmhhh…Ayu asalnya dari mana?

Saya: Bangkinang Bu…

Ibu  : Sudah punya Pacar?

Saya  : (*shock berat!!!!!!) hah?? maaf apa Bu??

Ibu : Sudah punya pacar??

Saya  : (*saya ga salah masuk ruangan kan??) belum bu…

Ibu  : Yakin, kamu belum punya pacar?? (sambil senyum)

Saya  : yakin bu… (*DODOL!! Jawaban macam apa itu!! pebngen bgt jedotin kepala ke ujung meja!!)

Dan kemudian mengalirlah banyak sekali pertanyaan yang saya jawab dengan jawaban yang saya sendiri aneh, bisa-bisa nya saya mengeluarkan jawaban seperti itu!! SOTOOOOOOOOYYYYY bgt!!! Saya sempat di suruh ngaji juga, Grogi juga. Karena saya kan ngajinya ga pake seni,ngaji yang biasa aja,tapi saya konsentrasi penuh, sampe lupa membaca Al-Quran nya jadi epanjangan, disuruh setoop sama si ibu!!

So, giliran berikutnya Ipuy, dan kemudian Mustakim. Ssi terakhir kami semua disuruh bikin surat lamaran. Sepanjang jalan pulang, kami berempat saling cerita, dan barulah saya sadar betapa SOTOY nya jawaban saya!! Mereka semua jawabannya keren-keren bgt!! Mungkinkah saya bisa lulus???

Iseng-iseng saya pun nyoba ikiutan CPNS, ga yakin juga bisa lulus, karena Ijazah dari Menkes belom keluar, yang ada cuma ijazah kampus. Tapi ya saya Nothing to Lose aja masukin ijazah itu. Seminggu kemudian saya ngantarin lamaran ke kampus. Masih agak bimbang, apakah saya benar-benar pantas mengabdi disini?? hmmm…

Beberapa hr kemudian pengumuman seleksi Administrasi CPNS keluar, saya ga ngeliat karena ga yakin lulus. Yang ngeliatin malah temen saya, Noenie… (*tengkiyuh Nun!) dan dia bilang nama saya ada!!! di urutan nomor 8!!! gak nyanga bgt lulus administrasi!! Alhamdulillah… Tengkiyuh juga buat Reza yang udah repot-repot ngambilin nomer ujian saya.

Dan tepat pada hari ujian seleksi CPNS berikutnya, hari itu juga saya dipanggil ke kampus. Sementara saya laghi di luar kota. Saya sndiri ga yakin apakah saya bisa sampe tepat saat ujian tulis dimulai, dan sempat pula datang ke kampus untuk memenuhi panggilan.

Akhirnya saya bisa ikut ujian tertulis, soalnya susyeeeeeeeeeeeeee bgt!!! Asli jawabannya ngarang semua!!! Saya bahkan udah lupa 1 kwintal berapa kg?????!!! Ow em Jiiii!!!!

Setelah ikut ujian tulis,besoknya saya ke kampus, dan ternyata disuruh langsung mulai masa percobaan selama 3 bulan. Stelah dijelasin ini-itu begini-begona, meski ga ngerti bgt, tapi saya He-Eh ajah!! Daripada nganggur, ya kan??! Owh.. iya yang masuk ke tahap ini adalah saya dan Lukman.

Dan sejak hari itu… disinilah saya sekarang, di kampus,bantu-bantu disini. Jangan berpikir saya jadi dosen!!! Beloooooommm!!! Saya ini masih bego, masih bingung, kemampuan saya dan pengalaman saya masih minim, saya menyadari itu!! Saya juga ga mau kaleee kalo almamater saya lulusannya jadi jelek gara-gara saya yang ngajar!!! So, klo orang-orang nanya: “yaw… jadi odsen ya??” saya pasti jawab: “hah?? belom, cuma bantu-bantu kerjaan di kampus kok.” Karena pada kenytataanya emang begitu. PBM kan sedang berlangsung, jadui kata dosen saya, munkin semester dpan saya baru mulai ke kelas. Ga masalah sama saya, kerena saya emang msih butuh menyesuaikan diri, membiasakan diri, dan belajar banyak. Dan ga lama ada “sedikit permasalahan” di kampus saya, bebrepa dosen kena surat teguran sehingga semuanya jadi terasa kian sulit. Di kantor tinggal saya, Lukman, dan kak tatik (Tata Usaha). Sementara dosen lain dapat teguran sehingga mereka cuma datang pas jam perkuliahan aja. Kami bertiga tunggang langgang ngerjain semuanya.Sebenrenya yang paling repot tuh Kak Tatik. Saya sering ngerasa ga berguna bgt kalo liat kak Tatik sibuk seperti itu. Karena cuma kak tatik yang “orang lama”,jadi semuanya cuma dia yang ngerti. Sementara saya dan lUman cuma bisa gangguin dia dengan nanya: “ini gimana kak? ini dikemanain kak? trus ini diantar kemana kak? klo ditanya ini jawabannya apa kak? ngurus ini kemana kak??” yang paling sering nanya begitu siy saya!!!!! karena saya bener-bener ga ngerti!! Semuanya baru bagi saya!! Klo LLUkman siy saya ga heran lagi, dia udah pengalaman dengan semua ini!! Sebisa mungkin saya bantu apa yang saya bisa, dan gak gangguin kak tatik kalo lagi kerja.

2 Minggu berlalu, tibalah sepucuk surat dari Pusat pelatihan di jakarta yang ngadain pelatihan gitu untuk dosen. nah.. lho??siapa coba yang bisa pergi?? sementara dosen2 kan sedang kena teguran. Yang ada di kantor kan cuma saya dan Lukman. Maa setelah diundi, maka diputuskan sayalah yang berangkat ke Jakarta untuk menghadiri Pelatihan “Peningkatan Mutu Dosen Fisioterapi Muskuloskeletal”, beuuuuuuuuuuuuuhhh… judulnya berat Boooo!!! Saya mesti ngurus Surat Perjalanan Dinas nya ke Dinas Kesehatan! dan masalah pun dimulai! Saya kan ga bisa mengendarai motor, so saya berangkot kemana-mana! Saya ga tau antor itu dimana, naik angkot apa! Akhirnya nelpon Papa, Mama, Abang, temen-temen, panik bgt!! Saya juga ga ngerti ini surat dikemanain dan terus diapain!! Bener-bener ga tau!1 Bisakah anda bayangkan, anak kemaren sore yang bener-bener ga tau apa-apa harus ngurus sesuiatu yang dai ga tau mau diapain!!! Setelah nyasar kemana-mana, dan mesti jalan kaki 45 menit karena harus putar balik kahirnya ketemu juga kantornya!! sampe disana, ibu yang harus nya saya temui lagi keluar kota!! saya mesti balik 2 hari lagi. Dalam perjalanan kembali ke kampus dengan angkot, saya di telpon lagi oleh pihak kampus, disuruh buru-buru ngambil tiket karena kantor udah mau tutup, karena besok mau Idhul Adha. Saya buru-buru, agak marah-marah ke supir angkot karena lelet bgt!!! Sampe kampus, udah mulia sepi, saya langsung ke bagian keuangan, ngambil tiket PP yang udah dipesanin.

Dan akhirnya 2 hari kemudian, surat perjalanan dinas saya udah dapet tandatangan, tinggal berangkat! Dan masalh berikutnya dimulai! Saya ga tau tempat pelatihannya!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Saya dikasih alamat sama peta!!!!!! Panik bgt!! Akhirnya minta bantuan ke sepupu saya yang ada di Bogor. Sebelum saya sampai,Uni Inggit udah survei tempat dulu biar tau akses kesana pake apaan. Subuh-subuh buta saya udah di bandara. Pas pesawatnya mau berangkat, saya baru nyadar ga bawa sikta gigi atau peralatan mandi apapun!!!!!!!!!!!! PARAAAAAAAAAAHH!!! Sampe di Jakarta, celingukan juga. Sepupu saya belom nyampe, karena kejebak macet! Saya nunggu dia dulu, ga lama dia datang, dan so pasti kitah heboh dulu,cipika-cipiki… maklumlah saya dan sepupu saya yang ini emang kompaknya rada ga ketulungan, bawaanya pengen maen-maen aja!! klao dia orangny nyantai, kalo saya panikan, jd eributan sering tak terhindarkan!! Hewhewhewhewhwew!! Dengan Damri, kami meuju Lebak Bulus, gilaaa lapar bgt!! Belom makan dari pagi!! Nyampe di lebak bulis, kami sempetin makan sebentar. Trus berojeg ria menuju tempat pelatihan. Ternyat tempatnya cukup jauh dari bandara. Nyampe di tempat pelatihan, udah dimulia dari pagi, saya telat!! So, saya ikut sesi siang sampe sore! Gila… yang datang dosen hebat-hebat semua! Udah pengelaman semua!! Senior semua!! Ini se Indonesia pula, makin keliatan tiarap nya pengalaman saya!! Tapi syukurlah semua peserta baik sama saya! Waktu perkenalan, pada nanya umur saya, waktu saya jawab umur saya.. semuanya manggt-manggut… sambil bilang “pantesssan.. keliatan masih kecill…” Gimana bisa saya tampil dewasa kalo perut masih keroncongan, bersimbah keringat, kucel, dan awut-awutan!! Dan akhirnya kami pun jadi cukup akrab. Krena peserta cewek cuma berempat, jadi klao makan siang barengan. Saya senang bisa kenal kakak-kakak, bapak ibu semua! Mereka baik sama saya, ngajarin saya banyak hal, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya yang saya lontarkan secara pribadi, ga berani nanya dalam forum, karena mereka kan udah pada pinter, saya ga mau pelatihan jadi stuck disitu-situ aja karena pertanyaan saya yang ngulang-ngulang perkulihan dulu!! hewehewhewhew!! Dan mereka tambah shock lagi waktu tau klao saya baru di wisuda 3 minggu yang lalu!! hewhewhewhewhw!! Lha.. mereka bahkan ada yang udah lulus puluhan tahun lalu!!

Selama pelatihan, klao udah boring, seperti biasa, saya akan melaksanakan hobi saya mengambar komik!! Dan cuup malu waktu saya ketauan lagi gambar komik!!! Udah kayak anak SMA aja deh saya ini!! memalukan!! tapi untungnya ga ada yang ngeremehinsaya,mereka paham bgt dan malah berlama-lama natapin komik saya! malah kebalik mereka yang jadi aneh!! hewhewhewhew!!

Selama pelatihan, uni inggit selalu datang dari Bogor, kasian juga saya liat ni kelaparan sepeti itu. Abis gimana ya… dia juga ga tega ninggalin adiknya yang imut dan gampang panik trus ngambeg ini sendirian!! sooo… apa-apa oasti Uni yang ngurusin, saya tinggal beres!! Jahat bgt yak??!!

Hari terakhir pelatihan… di jadwal kan tertulis jam 4 sore, sementara saya udah mesti di bandra jam 5!! ga mungkin biusa keburu!! Jadi, Uni Inggit ngurus tiket saya untuk dimundurkan 1 hari. Itupun bikin saya panik setengah mati!! Sampe nanya-nanya ke peserta lain tentang apa ga papa kalo misalnya saya pulang duluan ato misalnya saya ngundurin jadwal pulang tiket saya? karena waktu hari pertana pelatihn, tiket PP itu diumpul, jadi saya takut aja tar ada apa-apa kalo dimundurkan! Tapi jawaban peserta lain: “udahlah… nyante aja.. paling besok itu jam 10 udah bubar, ngapain mundurin jadwal tiket” ato tanggapan yang lain: “mundurinnya seminggu aja, puas-puasin dulu liburan!!”

Daaaannnn ternyat bener!! Jam 12 acara penutupan pun usai. Dan akhirnya saya nginap di kosan Uni Inggit di Bogor. Sebelum ke Bogor, kami keliling dulu di Jakarta. Trus pas jam setengah 5 lari-larian secepat kilat dari Tanah Abang ke terminal kereta api!!! 5 menit saja kami telat mausk gerbong kereta api,bye-bye aja deh!! Itu udah kereta api terakhir ke Bogor!!! Gerbongnya penuh, kita mesti selonjoran di lantai… ga papa deh… masih ngos-ngosan abis lari-alrian emang enak klao selonjoran!! Gilaaaa kerinngat bgt!!1 Saya baru nyadar kok tadi bisa ya lari seceoat itu sambil bawa barang segini banyak??? Tadi itu kesurupan kali ya?? hahahahaha…

Nyampe di kosan Uni jam 8 an gitu, karena sebelumnya kita sempetin makan dulu di Mall gitu, lupa nama mall nya. Saya sampe lupa ngabarin Papa, trus buru-buru sms Papa, eh… malah salah kirim sms ke Pak Tatang!!! Di balas pula!!!! Ow… my goat!!! malu bgt saya!! Untung isinya ga aneh-aneh!!

Nyampe di kosan langsung mandi!!! Widiiiiiiiiihhh rasanya seger bgt!! Serasa bertahun-tahun ga mandi!1 Slese mandi dapet telpon dari mama, mama said: “did you have buy something for your office mate??” (*sok english!!! maap klao grammar nya aneh!! Initi pertanyaan amam “udah beli oleh-oleh buat temen-temen kantor belom? udah pegi jauh-jauh gitu ga bawa apa-apa!!”) Bener juga, so.. malam-malam sedingin itu di Bogor, saya dan Uni keluar nyari oleh-oleh. Toko-toko udah tutup. Yang ada cuma orang jual keripik talas so cuma beli itu aja deh!

Subuhnya jam 4 kmi udah siap-siap mandi. Jan setengah 5 dah dduk manis di Mc. D mesan berger buat bekal ke Jakarta!! Hwahahahaha… kesannya jauh bgt ya Bogor-Jakarta!! Dingin mampus!! saya sampe mengigil!! Di dalam Damri menuju Bandara, kami udah kaya orang piknik, segala makanan dimakan!! hewhewhewhewhew!! akhirnya kecapean ngunyah dan ketiduran, pake ngenceeeeessss pula!!! hahahahaaha!!

Sampe di Bandara, kesedihan melandda kami! Baru aja kami melewati 3 hari padat bersama, kini berpisah. Dulu,waktu masih ecil-kecil, udah hampir tiap blan pasti ketemu, main bareng.Tapi sejak mulai SMA, msing-msing sibuk urusan masing-masing. paling cuma telponan atio smsan. Palagi sejak kuliah… waahhh kadang ada kali1 tahun itu ga ketemu-ketemu!! Rasanya kangen jadi anak kecil lagi,yang liburan seloahnya panjang banget, jadi bisa liburan lama-lama ditempat sodara!! nyaris nangis saya waktu cipika-cipiki dan dadah-dadahan!! Psti bakal lama bgt kita bisa ketemuan!! mungkin 6 bulan lagi!!

Waktu di ruang tunggu, tak terasa saya nagis juga,ga sampe mewek sih.cuma berlinang aja. Saya ternyata sedang belajar mandiri,melakukan segala hal yang baru sendiri!! Saya… si AYaw yang ga pernah bisa apa-apa selain marah-marah dan ngambeg!! Saat itu sendirian di ruang tunggu!! Padahal saya ga pernah begini, kemana-mana selalu ditemanin.. ga pernah sendiri,karena saya takut sendiri… ga ada orang yang duduk disebelah saya yang bisa saya gangguin kalo ketiduran, yang bisa saya tanya-tanya klo saya ga nreti,yang bisa saya marah-marain kalo sdg panik,yang bisa saya diamin berjam-jam klo sedang ngambeg. Ga ada!!!! Saya sendirian!! Dulu apa-apa diurusin mama atau papa. Ini pengalam pertama saya berangkat sendirian sejauh ini. dulu.. kalo pergi jauh klao ga diantar sama keluarga,ya sama teman. sekarang sendirian!!!

Alhamdulillah… saya sampe kembai di Pekanbaru jam 11!! Agak mendung… Saya disambut oleh mma. Dan disambit dengan abang saya karena si pembawa kepanikan dan tukang marah-marah datang kembali!! hewhewhwhew…

eeeeeeeeniweeeeeeeeeiiiiiiiiiiii… kayaknya saya kepanjangan deh ceritanya??? udah pada bosan ya bacanya??

yawdah.. lain klai saya cerita lagi…

mohon maaf tidak bisa sering-sering posting…

*meski kata Septa: “Blogger ga boleh manja denga kalimat: ga sempat posting karena ga ada waktu, karena terlalu sibuk, dan bla… bla.. bla…”

Tapi itulah kenyataan yang saya alami sekarang!! Saya mesti berangkat pagi-pagi ke kampus pake angkot supaya ga telat sampe kampus (*telat=potong gaji), mesti 2 kali ganti angkot pula. Mana rumah saya jauh dari kampus lagi!!!! Bantu-bantu di  kampus dari jam7 pagi sampe jam 3 sore. Trus pulang ke rumah dengan 3 kli ganti angkot (*aneh kan?? klao berangkat nya pake 2 angkot, pulangnya 3 angkot! Tapi emang begitu jlaurnya!!) Nyampe di rumah udah jam setengah 5, udah bau bgt trus mandi,sholat ashar, makan, sholat maghrib, nonton bentar (biar ga ketinggalan berita), sholat Isha, onlen bentar, trus tidurrrrr!! besoknya bangun lagi subuh-subuh buta!! begitulah setiap hari! mana kantornya jauh bgt di lantai 4!1 Lantai 4 aja jauh??? ya iyalah klo ga pake lift!!!! dan tangganya tingiiiiiiiiiiiiiiii bgt!!! Lama-lama bisa cepat tua juga saya!!

owkehh cukup sekian dulu cerita saya klai ini. klao ada ketikan yang salah,ejaan yang tidak tepat maafan saya,namanya juga ngetik buru-buru!!

Owhh… iya…. saya ketinggalan gosip nih!!! Gimana dgn UU ITE???? gimana dengan kebebasan berpendapat??Takut juga niy saya!! Jangan-jangan ntar tiba-tiba aja ada yang nuntut karena kata-kata yang saya gunaan tidak senonoh!!!

Terserah deh ya… yang penting saya bener-bener ga maksud apa-apa, saya cuma nulis spontan aja!!

With Love

ayaw