hikss…. terharu….

Kemarin hari pertama latihan Wisuda…

Rame banget!! (*yaiyalah Yaw!!!!!!) Semua fakultas dan jurusan hadir! WAW!!! walo pun ada juga yang gak hadir karena punya alasan sendiri..

So, saya dan teman2 Fisioterapi berbaris dengan rapi di urutan tempat duduk kita. Ternyata urutannya berdasarkan tinggi badan!! Kirain Abjad, padahal dah seneng bgt, nama saya kan awalnya “A” lambang pemberani dan perfeksionis!! hoekkk… cuiiihh..!!

Dan setelah di urut-urut, ternyata saya baru nyadar kalo saya cewek nomor 2 tinngi. Jadi saya duduknya nyaris di belakang!! Ipuy yang paling belakang!! di susul kemudian urutan tempat duduk cwok-cwok. Karena di kelas saya, cwok yang paling minimalis adalah Mustakim, jadi dia duduknya tepat dibelakang Ipuy yang tinggi, menderita sekali, ga keliatan!! apalagi ditambah tubuh saya yang lebar, makin ga keliatanlah Mustakim!! wahahahahaha!!

Trus, tempat duduk ga bole diganti-ganti lagi. Tapi kemudian setelah nama-nama ditulis. diumumkan beberapa nama yang duduknya misah. Dan saya ada disana!! Alhamdulillah ternyata itu orang2 yang “dianggap berprestasi”.. hoooeeekkk cuiiihhh lagi!!! saya??? berprestasi??? amazing!!! katanya lagi nih saya dapat IPK paling tinggi di jurusan saya!! Ga nyangka bgt!! Padahal saya ngiranya kalo ga Ipuy, Sehan, Arif, ya mustakim!! Bukan saya!! Saya hanya punya optimis kalo nilai saya ga jauh beda dari mereka, itu saja, ga lebih!

rasanya terharu dan nyaris berlinangan air mata! Merinding bo!!!! diliatin semua pasang mata, nervous!!! Trus kita duduknya misah, di urutan tersendiri, sepi rasanya pisah dai teman2 ngocol, yang bisa diajak ngakak dan ribut-ribut dibelakang pas latihan! Dibelakang saya disusul Ipuy dan Mustakim!! kebetulan sekali, nilai kita bertiga berurutan!! seolah urutan yang pertama tadi adalah pertanda!! Kita bertiga speechless, ga bisa berkata-kata, saling memandang bingung! ga nyangka! Ipuy sampe sms dosen nanyain apakah ini benar? Kalo gak kan malu bgt!!!

Kata dosennya bener, tapi kita masih ga percaya!

Latihan pun dimulai. Satu2 kita dipangil ke depan. saya berdebar setengah mampus!!! kaki saya gemetaran!! Sampailah pada Riza, teman dari Anafarma yang juga “dianggap berprestasi”. Namanya di panggil, berikut asal dan nama orang tua!!! Air mata saya berlinangan lagi!! Dulu, saya sangat menginginkan saat seperti ini, diamana nama saya dipanggil, berikut dengan nama orang tua, kalo perlu dengan nama abang-abang saya, dan nama daerah saya!!! ya… nama darerah saya yang selalu di katakan paling kuno, kolot, norak… BANGKINANG TERCINTA!!!! Tapi saya bangga dengan daerah saya, tanpa saya harus merendahkan daerah lain, bagi saya semuanya sama saja, ga ada yang norak atau ketinggalan zaman. Semuanya tergantung bagaimana manusianya menunjukkan kualitas dan kemampuannya!! Dan saya sebagai kelahiran Bangkinang, saya ingin nama daerah saya bisa disebut dimana-mana… dengan saya sebagai salah satu bagiannya…

Sampailah giliran saya, saya berdebar setengah mati… berusaha konsentrasi jangan sampe pinsan, atau mewek nangis! Ya.. Tuhan.. semakin saya berjalan ke depan, semakin haru saya…

Saya ingat, dulu waktu Ospek kampus hari terakhir… di ruangan yang sama ini, kami semua mengikuti Ospek bersama, semua mahasiswa baru di kasih kertas warna-warni, masing2 satu… Waktu itu yang jadi Tutor, Pak Addin, dosen psikologi kesehatan saya yang paling baik sedunia!! Kita diminta menuliskan tanggal, blan dan tahun, serta jam, menit dan detik saat itu sesuai jam kita… Kemudian kita disuruh menulis apa yang kita inginkan 3 tahun yang akan datang… Saat itu saya benar2 bingung, maklumlah masih anak baru luus SMA, belom ngerti apa-apa, dan ga punya cita-cita muluk… Waktu itu saya tulis: “lulus dengan nilai paling tinggi”, waktu itu saya ga ada maksud apa-apa, karena wajtu nya habis dan kita diminta melipat kertas itu, jadi ya cuma itu yang munul dikepala saya! kelamaan celingak-celinguk kanan-kiri sih!!

Dan.. saat latihan hari kemaren, saya “dianggap berprestasi” teringat akan kertas warna pink yang saya lipat dan diselipin di lemari. karena saya hapal betul isinya, jadi ga perlu dipajang-pajang… Ingin rasanya saat itu memberitahu pak Addin yang selalu ramah itu!! Dia benar, bahwa saya mampu, kalo saya beusaha mewujudkannya dan tidak lupa berdoa!! Saya lupa apa tepatnya kalimat Pak Addin waktu Ospek saat itu, tapi kertas itu sudah menjadi bukti!!

Latihannya sampe sore, saya masih dibalut perasaan haru, segera sms mama, mengabari ini. Mama membalas dengan kalimat yang tak kalah haru: “SYUKUR ALHAMDULILLAH… Rasanya mama orang paling bahagia di dunia ini. Berarti perjuangan kak ayu gak sia-sia selama ini. SELAMAT YA ANAKKU…”

sssssssssssssssaaaaaaaaaaaaaaa……….Air mata saya merebak lagi!!! Cengeng sekali saya akhir-akhir ini. terutama yang paling saya ingat waktu kemaren hari minggu saya pulang ke Bangkinang, mama sempat bilang gini: “kak.. InsyaAllah mama dan papa datang wisuda kakak, tapi Papa ga bisa pakai sepatu, jadi mungkin papa cuma pakai kaos kaki warna gelap.”

Saya terharu… papa saya yang paling saya sayang, Pria paling hebat di dunia, telah di dera berbagai macam cobaan, akan datang di wisuda saya, meskipun mungkin Papa akan kesulitan berjalan!! Kebahagiaan saya melebihi apapun!! Bahkan mungkin melebihi kebahagiaan seandainya saya dapat Nobel Perdamaian!! Kyaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!

yap, yang jelas saya dan keluarga bersyukur sekali… Mudah-mudahan apapun yang saya lakukan selau dalam perlindungan Allah, selalu dalam ridho Nya……….

Ga kuaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Saya nangis nih ngetiknya!!!!!!!!!!!!! cukup sekian dulu!!! mau nangis ni!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

puppoy!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Akhirnya…

Kemarin…saya telah menjalani ujian sidang KTI…

Alhamdulillah telah dinyatakan lulus…

Saya ingin sedikit berbagi,mudah2an bisa menjadi pengalaman juga buat teman-teman…

sekalian saya juga mau mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak…

Hari itu tanggal 12 Oktober 2009, saya di rumah.. deg-degan setengah mati.. besok saya akan menjalani ujian sidang KTI, mempertanggung jawabkan apa yang telah saya praktekkan dan telah saya tulis dengan deraian air mata dan jatuh bangun sakit…

Saya ga tahan, menangis juga akhirnya… Saya sendirian di rumah, sengaja ga mau ditemani siapapun di rumah. Seperti biasa kalo sedang berduka,semua pintu dan jendela saya tutup, gorden pun diturunkan, hening…dan merebaklah air mata saya. Entah untuk apa saya sendiri tidak tau. Saya hanya takut, takut jika tidak melalkukan yang terbaik… Apalagi siangnya saya melihat teman2 ujiansidang, semakin kalutlah saya. Saya takut ditanya ini-itu, saya blank!!!

Saya sudah ke pustaka, sudah membaca nyaris semua buku, tak terhitunglagi jumlahnya… sudah terlalu banyak! Saya ingin mempersembahkan yang terbaik bagi semua yang telah percaya dan membangkitkan semangat saya bahwa saya mampu!! padahal saat itu saya merasa tidak sanggup lagi.. Saya sudah mnggadaikan hape saya demi meminjam buku2 di pustaka. Saya sudah pontang-panting bolak-balik Pekanbaru-Pasir Pengaraian demi penelitian. Saya sudah mengerahkan semua kemampuan saya, melakukan yang terbaik. Saya jadi takut, takut hasilnya tidak memuaskan saya. takut jika saya tidak LULUS.

Menangis sejadi-jadinya sendirian dirumah, entah berapa jam, sampai mata bengkak!! teringat mama, papa,bang anang, bang nanda, kak shanty… mereka semua telah selalu percaya pada saya bahwa saya BISA!! bahwa saya mampu, saya kuat!! Saya, si bungsu yang tidak pernah bisa apa-apa… yang selalu main-main saja, selalu mengeluh, selalu minta tolong, padahal ini KTI saya, tapi semua keluarga jadi repot karena saya… Saya merasa jiwa mereka juga ada di sini bersama-sama saya membuktikan dan memperthankan KTI saya. Saya inigin berhenti menangis, tapi tidak bisa!! terimaksih tak terhingga buat Mama, papa, bang anang,bang nanda, dan  kak shanty! Terimakasih untuk tetap menjaga kewarasan saya!!terimakasih untuk tidak membiarkan saya menggigil kalut sendiri, terimakasih telah selalu menyelip-kan saya dalam doa… Saya tidak tau bagaimana cara membalas semua itu, karena saya tau tidak akan pernah saya bisa membalas semua yang terbaik yang telah papa, mama, bang anang, bang nanda, dan kak shanty terus-terusan usaha berikan pada saya…

Kemudian dalam isak tangis, saya tidak tau mau mengadu pada siapa. Saya tidak ingin menangis pada keluarga saya, tidak ingin semua tambah kalut karena saya nangis. karena saya tidak ingin keluarga saya melihat air matasaya berderai-derai seperti ini. Saya Chat personil Thobii_thocii…Saya mau sms Noenie, tapi saya tau pasti dia lagi istirahat karena besok dia wisuda, dia udah nyaris sakit karena latihan terus. Mau Chat Noichi, tapi saya tau dia lagi kuliah. Walo saya tau Noenie pasti akan langsung bangun kalo saya sms, noichi akan rela bolos demi mendengarkan saya. Tapi saya tidak mau mereka terganggu saat ini hanya karena saya terlalu panik sendiri. Sayapun cuma chatting dengan Nia, tapi sepertinya NIa lagi di jalan karena tidak membalas Chat saya. Makin merana lah saya… Akhirnya Pak Tatang pun muncul, saya chatdengan Pak Tatang.. eh… saya malah makin nangis… ternyata mengeluarkan perasaan itu malah bikin saya tambah nangis!! Sayabenci jadi cengeng seperti itu!! Yang saya ingat dari kata-kata Pak Tatang bahwa dulu, saat dia PENDADARAN (*bukan dibikin jadi dadar lho! Tapi pendadaran=ujian sidang), dia berusaha membuat seolah menceritakan apa yang telah di praktekkannya. Saya merasa sedikit lega!! Ya…Pak Tatang benar, seharusnya saya tidak menangis saja, itu tidak menyelesaikan masalah, seharusnya saya mencari pemecahannya. seharusnya saya tidak terlalu panik, karena pada dasarnya, nanti saya hanya akan seolah menceritakan apa yang telah saya lakukan, dan mempertahankan apa yang telah saya tulis!!Akhirnya saya berenti menangisdengan perlahan-lahan.. Terimakasih Pak Tatang…

Nia pun muncul lagi di chat saya, seperti biasa… personil Thobii_thocii selalu adabuat yang lain, selalu bisa membuat kita yang tidak spesial ini menjadi sangat berarti dan merasa spesial, karena sebenernya kita semua memang spesial!!!! terimakasih untuk my lovely sisters.. Thobii_thocii!! Tanpa kalian, apalah arti hidup saya!! Tanpa cacian, makian, hinaan dari kalian yang slalu bikin saya tetap waras ini apalah jadinya saya… Mungkin saya udah jadi manusia paling Nerd sedunia!! wahahahahahahahah!!!! Noenie besok wisuda, saya pengen liat, tapi besok saya juga sidang…padahal dulu waktu esempe, waktu Thobii_thocii pertama kali terbentuk, saya pengen wisudaan bareng2 mereka… hikkkssss….

Malam pun mulai masuk, sendirian di rumah bikin saya sepi. Lampu mati. Akhirnya saya belajar dibawah temaram lampu charger. saya pelajari semua tentang Farktur Colles, pembagian fraktur, tentang IR, tentang Exercisa, efek URdan exercise, pa yang terjadi pada tubuh, bagaimana rekasinya, bagaimana bisa mengurangi nyeri, mengurangi oedem, meningkatkan kekuatam otot, meningkatkan luas gerak sendi, begaimana mekanismenya, segala macem!! sampe tidak terasa sudah jam 11 malam. Saya tidak bisa tidur. Cemas sekali..akhirnya sayaberzikir, dan baru bisa ketiduran jam 3 subuh..

Tanggal 13 Oktober 2009, jam 6 subuh saya sudah rapi jali. Gak tau mau ngapain dirumah, sejauh matamemandang hanya buku yang berserakan karena belajar tadi malam. AKhirnya saya putuskan berangkat ke kampus saja pagi2. walaopun saya ujian jam 2 siang. Jam 8 kurang sayasudah sampai di kampus. Teman2 belum ada yang datang. Saya masih belum bisa tenang. satu persatuteman2 masuk, saya masih menunggu sambil berzikir….saya menyebut Almaul Husna YAA FATTAAH (Yang Maha Membukakan) sebanyak ratusan kali, tidak terhitung….

Sampai tibalah giliran saya. Dimulai dengan Bismillah… saya pasrahkan semuanya pada Allah. Saya telah berusaha semampu saya, telah berdoa,kini hanya Allah yang maha Berkuasa… saya hanya pasrah dan m,menjalankan saja. Alhamdulillah semuanya berjalan cukup lancar, tanpa hambatan yang berat, meski mungkin bagi penguji saat itu saya masih jauh dari baik.. (saya menyadari itu), tapi saya tetap berterimakasih tak terhingga.. terutama pada Pembimbing KTI saya Bapak Yohanes Purwanto,AMF yang sangat mebantu saya saat menyusun KTI, dan saat menguji meminta saya menceritakan mengenai pasien saya, saya cukup tercengang juga sebenernya. Saya udah sempat berpikir akan ditanya segala macam. walopun saya akhirnya mengakui kesalahan isi KTI saya pada bagian inspeksi, tapi saya puas, karena saya menyadari kesalahan saya, bukan dipaksa mengikuti yang benar!  Terimakasih juga pada penguji saya, bapak Dedi Yusri, AMF, SKM yang banyak memberi masukan pada KTI saya. Padahal tadinya saya pikir pak Dedi akan menanyakan bagaimana mekanisme pengurangan nyeri dengan IR, bagaimana memeriksa MMT, segala macam, ternyata tidak! Malah banyak sekali masukan!!Juga pada penguji saya Bapak Triyana, AMF yang malah seolah mengajak diskusi, saya merasa tidak sedang diuji, saya malah menikmati saat-saat diuji, saya bisa mengeluarkan semua yang ada di otak saya, sungguh saya tidak menyangka saya bisa begitu… Padahal kata temen2 dan senior, kalo penguji Pak Triyana agak berat karena bakal ditanyasegala macam. Ternyata tidak!! bahkan saya sempat di tanyain udah makan belum, trus dikasih makanan, sayangnya saat itu saya lagi ga selera makan.

owh.. iya ada kejadian cukup panik. waktuakan memulai presentasi, ternyata Power Point saya ga ada!! lenyap!! ga tercopy ke CD itu!! padahal saya termasuk yang ngumpulin di hari pertama!! Saya panik, mau nangis rasanya!! Ka. Prodi bilang ga boleh pakeFlasdis, karena dari kemaren udah diumumkan supaya dikumpul dalam satu CD dengan batas waktu pengumpulan. yaTuhan, saya nyaris menangis!! Untung Pembimbing saya, pak Jo meembolehkan saya pakai Flasdis, walopun ka. Prodi agak sedikit kaget,karena peraturannya ga boleh!! Sebodoh amat, yang penting sayatetap harus presentasi!!

Tibalah saat pengumuan. jam 6 sore, akhirnya pengumuman hasil ujian diumumkan di ruang Ka. Prodi. saya cemas bukan main. kaki bergetar, tapi sebisa mungkin saya kuatkan hati menghadapi apapun yang akan terjadi. Dan Alhamdulillah saya Lulus!!jangan tanya nilainya berapa!! Yang penting saya LULUS!!!!! saya, titin, dan Lina langsuntg loncat2 bertiga!!! Lina nangis, titin ga bisa berkata-kata, saya termangu… karena tadinya dikerjaun dulu, dibilang ga lulusl;ah, segala macam… Khirnya saya berjongkok di parkiran, tak kuasa menahan haru, tapi sayatidak menangis!!!saya hanya Amazing!!! It Worksss!!!! semua usaha saya, Doa saya, doa keluarga saya, teman-teman saya, semua yang telah mendoakan saya dan membantu saya, zikir saya… semuanya berhasil!!! Rasanya saya terbang jauuuuuuuuuh sekali dan bahagia!!! Segera sms mama… dan menangis akhirnya…

Yap, saya sampe lupa bahwa itu udah senja, ga ada angkot pulang ke rumah. Tapi saya ga kuatir, karena entah kenapa saya tau, sayaakan baik-baik saja.

Ternyata benar… Ijonk menawari mengantarkan saya pulang.dan dengan teriak-teriak kesenangan, kami pulang… Hampir sampe di rumah, rantai motor nya ijonk lepas!! Trus akhirnya saya pulang jalan kaki…hari udah malam, mobil rame, saya susah nyebrang jalan, tapi saya tau saya akan sampai di rumah dengan selamat. Akhirnya adaa angkot, dan sampailah saya di rumah dengan selamat. Segera sms Ijonk menanyakan dia udah sampaoi rumah belom gimana dengan motornya. Sukurnya akhirnya ijonk juga selamat sampe di rumah. padahal rumahnya kan masih jauh…

Yessss terimakasih untuk teman2 seangkatan saya!!! Yang tetap selalu berdoa demi kelulusan kita semua!! terimakasih untuk tetap saling support meski dalam keadaan sama-sama panik sekalipun.  denganpnik bersama seperti ituterasa lebih lega ya?? Kita jadi bisa menertawakan kepanikan kita masing-masing!! ga sabar deh saya mau bikin postingan tentang kita, seper yang pernah saya bilang!! nantikan ya postingan tentang kita!! Harap jangan ada yang marah, trus mentung kepala saya!! karena saya akan menulis apa yang saya rasakan tentang kalian!!! Saya sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaangggggg kalian semua!!!!

Hosh… hosh.. panjang sekali postingan nya… initinya terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu, yamg tidak tersebut disini, bukan saya melupakan kalian, TIDAK!!kalian semua selalu ada disini, di hati saya, karena kalian semua selalu tetap baik sama saya…

Terutama Septa -Ata Chan…Tutor jarak jauh saya,  orang pertama yang waktu itu saya kabari tentang judul saya yang akhirnya di acc!! terimakasih telah menemani begadang mulai dari masih ngetik BAB I sampe sekarang ini. Terimakasih sudah selalu mendengarkna cerita-cerita ga penting saya! Terimakasih sudah siap-sedia tiap kali saya mulai panik dan minta diajarin tentang Blog lagi!! Maaf kalo kemaren sempat tidak perduli, dan asik sendiri. Sampe Ata nulis postingan yang cukup bikin tertohok-tohok tepat di jantung!!! wahahahahahahaha!!! *saya merasa lho Ta!! tapi ga papa kok!!

okey… segini dulu postingan saya, karenasaya masih sedangmenunggu teman2 saya yang masih ujian. Saya akan tetap berusahaada bersama kalian, karena kalian udah selalua ada buat saya!!tetaplah usaha dan berdoa untuk kelulusan dan kesuksesan kita semua!!

Ujian Praktek

Okeh… postingan ini saya ketik buru-buru… untuk menjawab kehausan teman2 seangkatan saya mengenai proses Ujian Praktek yang telah saya jalani…

Mohon maaf atas telpon yang tidak diangkat, sms yang tidak dibals, karena saya lagi ujian mana bisa main2 hape!!!

Okey teman-teman.. sesuai dengan rasa penasaran kalian yang mengebu sampe2 ada 24 panggilan tidak terjawab dan 12 sms yang masuk ke hape saya, berikut cerita ringkas Ujian Praktek saya, semoga kalian belajar banyak dari kesalahan saya…

Pertama.. ujian dimulai jam 13.00 teng!!!! Tapi, demi kesiapan mental dan fisik, sudilah kiranya teman2 untuk datang lebih cepat!! Like me!! Bayangkan saya datang ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru jam 11 teng!!! Dengan menebengi motor Arif!! Kami berdua udah kayak orang mau mudik aja!! Arif dengan ransel gede nya, dan saya juga dengan ransel gede plus lengkap dengan tas tangan gede, kayak orang mau mudik…

apakah gerangan isi tas gede itu??? berikut hal-hal yang sebaiknya kalian siapkan!! Bawa Alat Tensi sendiri plus stetoskopnya!! Bawa goniometer, midline, dan benda2 lain yang sekiranya diperlukan saat pemeriksaan dan pelaksanaan terapi!! Bayangkan.. saya aja bawa alat TENS sendiri!!! makanya tas saya paling gede sendiri!! Saya juga bawa Body lotion, Baby oil, dan bedak tabur… kali aja dipake buat Massage!! Jangan lupa bawa kapas dan tissu serta alkohol.. siapa tau ada bagian yang perlu dibersihkan!!! Jangan lupa bawa BUKU!!!!!!!!!!! biar bisa baca2 sebelum ujian!! saya bawa buku banyak sekali!!

okey… pas jam 12 teng!! kita ngumpul di ruang mahasiswa di Poli Fisioterapi (tepat gak sih namanya itu?? yah.. pokknya kalian pasti tau dimana ruangan itu!! itu tuh, tempat naro tas, trus tempat buat tidur2an kalo capek, dan tempat buat nyuri2 waktu online kalo lagi praktek!!! Hakhaaaaaaayyy!!!!)

Selanjutnya kita akan cabut undian untuk menentukan nomor urut ujian. Lalu cabut undian nomor pasien!! CATATAN: KITA TIDAK PERNAH TAU APA KONDISI PASIEN!!!

Mulia dipanggil… berikut dengan nama pasien… lalu kita masuk tempat anamnesis dan pemeriksaan. Kita dikasih waktu 10 menit untuk melakuakn pemeriksaan sambil menulis Status Klinis pasien!! Mulailah beraksi dengan Midline, Goniometer, Hammer Refleks, periksa ini-itu, tes ini-itu, tanya ini-itu!! segala macem!! Jangan pedulikan teman sebelah, karena terlalu lama toleh kiri-kanan malah bikin waktu banyak terbuang!! 10 menit itu singkat bgt!! serasa 2 menit aja!!

Tahap berikutnya.. masuk ruang pemeriksaan. Disitu kita langsug pilih modalitas apa yang akan digunakan. mulailah beraksi dengan modalitas. Teliti dan rapi saat bekerja, karena barang kali saja mempengaruhi penilaian!!

kita diberi waktu 30 menit untuk melakukan Penatalaksaan Fisioterapi!! Selama peleksanaan, sempat diri untuk menulis Status Klinis lagi, karena waktunya singkat!! Jangan seperti saya, terlalu banyak tanya-tanya sama pasien sampe ga nyatat apa-apa!! Tadinya saya pikir, ga boleh nulis SK kalo lagi menangani pasien!! ternyata boleh lho!! Malah disitulah waktunya!! Manfaatkan waktu 30 menit dengan baik!! saat itu juga kalo bisa berikan exercise dan home program!!!!!!!!!!!!!!!

Masuk tahap berikutnya… melengkapi menulis data Status Klinis di meja sidang yang dilapisi kain warna hijau!! BIkin seram!!! Disitu kita baru di kasih catatan klinis rumah sakit!! teliti saat membeca, catat apa saja data penting!! Catat juga sudah berapa kali pasien berkunjung!! kita dikasih waktu 10 menit!! cepat mencatat!!! begitu waktu habis, dan bel berbunyi.. satatus akan otomatis ditarik!! jangan terlalu ngotot menulis karena akan menyebabkan Laporan Status Klinis akan robek atau malah tercoret panjang seklai… seperti laporan saya!! Hal yang memalukan!!

okey.. tahap berikutnya: PENGUJIAN!!!!!!!!!!!!! kita akan dipanggil satu-satu ke ruang penguji! Di ruang itu hanya ada kita dan penguji. Tiap penguji punya satu ruangan,jadi kita akan berpindah dari ruang satu ke ruang lain!! Disitu kita akan ditanya segala macem!! bahkan akan diminta melakukan praktek!! Pertanyaan akan seputar kasus yang ditangani, apa yang telah kita tulis, kita lakukan, dan kita ucapkan. setiap jawaban akan menjadi pertanyaan!! Sebaiknya teman2 bersikap santai, jangan seperti saya yang gugupan!! Tapi saya tetap memutar otak berusaha menjawab dengan bekal belajar selama 3 tahun, dan belajar ekstra keras mulai sejak lebaran kemaren!! keluarkan semua pengetahuan dari berbagai buku dan sumber yang kita baca dan kenyatan yang kita dapati!!

Okey… berikutnya… begitu semua yang ujian hari itu selesai ujian…

kita akan mendegra hasil ujian, apakh kita lulus atau tidak…

sayangnya waktu saya ujiankemaren, hasil ujian tidak dapat langsung diumumkan karena ada kendala.. mudah2an saja kami lulus semua.. Amin.

Saya curiga.. jangan-jangan nilai kami yang ujian hari ini terlalu hancur sehingga tidak layak diumumkan…

Ya Tuhan, saya sudah melakukan yang terbaik, meski gugupan, dan blank semua!! tapi saya udah belajar mati-matian, sampe tidur cuma 3 jam!! belajar kelompok sana-sini,belajar praktek ini-itu dengan boneka-saya atau tubuh siapapun yang sedang di dekat saya.. Saya sudah berdoa… sekarang semuanya saya serahkan pada Mu ya… Allah…

Semoga saya dan teman-teman satu angkatan lulus semua… semoga semua kesalahan kita selama praktek ini menjadi pengalaman berharga sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama lagi…

Ujian praktek belum tau hasilnya apa, Ujian sidang KTI telah menanti… saya cemas sekali.. saya ingin melakukan yang terbaik, semampu saya. tapi saya gugup.. dan biasanya jadi gak bisa berkata-kata dan blank!!!!

okeh… teman-teman.. selamat mebaca postingan kali ini. Sengaja di posting disini karena seperti yang selalu kalian bilang, saya klao nulis sms ga cukup 4 layar, jadi bikin pulsa jadi cekak!! bangkrut total!!! jadi kalo mau tau semuanya baca ini saja!! dan kalo mau lebih lanjut!! telpon aja!! saya siap menceritakan kronlogis secara lebih terinci, karena emang kalo ngomong ga bisa berenti!! hewhewhewhewhew!! Tadi yang udah nelpon: Titin, Ipuy dan uli (nelponnya di lodspekerin biar yang denger seklai rame2 ga ngabnisin pulsa!! yak ampuuuunnn).. selamat cekak ya gara-gara saya nyerocos terus!!!!

Buat Lyana, maaf telponnya ga diangkat waktu itu ga denger kalo ada telpon, tapi itu sudah saya kirimin sms berlayar-layar, semoga ga capek bacanya!!

Sekarang saya mau tidur!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

kemaren ga tidur 24 jam!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!