Hari-Hari Berat

Yap.. seminggu ini kerjaan saya bolak-balik kesana kemari…

itu karena saya lagi nyari pasien yang pas dengan T.A saya…

Ada-ada aja yang bikin ga pas…

Pasien pertama, dapat nyaris pas, tapi surat2 izin penelitian saya ga lengkap, jadi dari pada maju dengan surat2 yang ga lengkap, terpaksa ga jadi…

Pasien kedua, dapat yang nyaris sama. Saya dibantuin senior yang udah kerja di Rs untuk mencari data2 pasen di Rekam Medis, ternyata sang pasien ga mengisi kolom nomor telpon.. (apa susahnya sih cuma ngisi doank..!!), alhasil cuma dapat beberapa data dan alamat sang pasien. Pas ditilik2 lebih dalam, ternayat pasien ini beda dengan kasus yang saya teliti. Gagal lagi…

Udah ga keitung berapa pasien yang saya temui.. selalu ada-ada aja yang bikin ga pas…

Pas ada yang Fraktur Colles seperti yang saya cari, eh… konservatif pula.. sedangkan saya nyari yang post op. Dapet yang Post Op.. eh cuma sekali doank datangnya, abis itu ga pernah datang lagi… Sampe stres saya…

Sampe saya nyari di RSUD Bangkinang, ga ketemu juga pasiennya…

Akhirnya lewat seorang teman, saya dikabari untuk usaha nyari ke RSUD Rokan Hulu, kebetulan ada senior alumni saya yang kerja disana. Dan melalui senior itu saya mencari pasien, katanya nanti menghubungi saya klo pasiennya ada. Tunggu punya tunggu, ga juga ada kabar. Saua mulai ga sabar, dan segera tancap gas ke Pasir Pengaraian berasama abang saya, Bang Anang. Sesampainya di RS, ternyata dulu pernah ada pasien post Op Fraktur Colles, kebetulan adik pasien ini juga kerja di RS ini. Kepala Fisioterapi membantu saya menghubungi sang adik pasien untuk diminta kerjasamanya. Tapi sang adik kayaknya agak keberatan. Lalu ibu Kepala Fisioterapi menyarankan saya untuk ketemu langsung dgn Pasien itu. Tapi kita ga punya alamat yang lengkap. Trus cerita punya cerita, ternyata si pasien punya abang, waktu Ibu Kepala Fisioterapi menyebut namanya… ternyata abang saya kenal!!!! Yippppie!!!!! segera kami tancap gas ke kantor abangnya pasien. Ternyata si abang lagi keluar, kami terpaksa menunggu. Sementara menunggu, abangs saya kembali masuk kantor dan saya nungguin di dalam mobil.

Siangnya kami kembali ke kantor abangnya pasien itu. Pas bgt dia juga baru nyampe, dan segeralah kami ke rumah pasien. Sampe disana, abang saya yang lebih fasih berbahasa Pasir Pengaraian menjelaskan maksud dan tujuan penelitian saya… Daaaannnn Yippie!!!! Pasiennya mau!!! Rasanya pengen guling2 saking senengnya!! Akhirnya dapat juga pasiennya!!

Karena keperluan mendesak, akhirnya saya menjanjikan hari selasa datang lagi membawa surat pernyataan bersedia jadi responden.

Dan sebelum hari itu tiba, tepatnya hari Sabtu, saya sukses demam tinggi!!! Yap suhu tubuh saya waktu itu sempat sampai 38,3 C!!!!! Saya Flu, tenggorokan sakit, susah bernapas… saya jadi takut, maklumlah sekarang lagi musim penyakit aneh2..

Sampe hari Minggu nya panas saya ga turun2 malah disertai dengan kepala puyeng setengah mampus!!! Rasanya untuk membuka mata aja ga sanggup!! Pagi-pagi udah dapat sms disuruh kumpul di kampus jam 7.30, padahal kan hari Minggu!! katanya ada pengarahan untuk Praktek Klinik… Ya ampuuun saya ga sanggup hadir. Tiba2 dapat sms pula klo hari Selasa ada ujian Manajemen Pelayanan!! Sarap, mampus!! kondisi lagi kayak gini!! mana sanggup saya menjalani semua ini!!

Hari Senen pun tiba, hari itu hari pertama saya praktek di Klinik Dosen saya. Karena sakit, saya pun ga bisa hadir. Dan saya memutuskan memajukan jadwal perjanjian saya dengan pasien. Hari Senen itu dengan kondisi masih sekarat saya berangkat dari Bangkinang menuju Pasir Pengaraian, sebelumnya sempat nginap di rumah bang anang dan kak Shanti di Giti. Pagi2 jam 10 saya udah sampe di rumah pasien, syukurlah pasiennya ga keberatan denganperubahan jadwal yang saya janjikan. Setelah menjelaskan ini-itu mengenai prosedur penelitian dan pasien memahaminya, tandatangan pun tertoreh di surat persetujuan menjadi responden untuk Penelitian saya. Dan segera saat itu juga penelian dilaksanakan. Saya meriksa ini-itu bermodalkan beberapa alat yang saya pinjam dari Kak Shanti. Begitu beres, saya segera menelpon bang Anang supaya saya dijemput lagi.

Pasien beserta keluarga sangat kooperatif sehingga proese penelitian, Alhamdulillah berjalan lancar.  Kemudian bang anag menjemput saya, dan mengantarkan saya mencari minibus untuk kembali ke Bangkinang. Jarak dari Pasir Pengaraian ke Bangkinang kira2 3 jam. Tadinya saya mau mampir dulu di Giti, mau santai2 dulu dengan kak Shanti, tapi takut sampe nya terlalu sore akhirnya ga jadi. Di perjalanan, saya tepar berat. Kepala puyeng setengah mampusss.. tapi coba saya tahan. Perjalanan masih panjang, dari bangkinang saya mau ke Rumah dulu, ketemu mama dan papa, trus tancap lagi ke Pekanbaru karena besoknya saya mesti ujian. Akhirnya mama sms saya, kata Mama, saya ga usah singgah di Bangkinang, karena mama disuruh papa untuk  ikut dengan saya ke pekanbaru, semua khawatir dengan kondisi saya. Terharu bgt deh…!! Akhirnya mama dan bang nanda menunggu minibus saya lewat, kemudian mama ikut dengan saya ke pekanbaru, dan Bang nanda mengiringi dengan sepeda motor sampe ke pakanbaru.

Sepanjang jalan sebenernya saya mau menangis!! Betapa saya hanya merepotkan saja. Papa yang sedang sakit sampe rela tinggal sendirian di rumah karena saya!!! Mama yang sebenernya sdg pusing masalah “60” , malah jadi khawatir karena saya sakit!! Bang Anang sampe harus olak-baik ngantarin saya dan ngerjain tugas2 kantornya sambil jalan!! Kak Shanti mesti merelakan barang2 kesehatannya saya pinjam kerena alat2 saya ketinggalan di Pekanbaru, coba kalo tiba2 Kak Shanti ada pasien, kan repot karena barang2 nya saya bawa!!! Bang nanda harus rela berpanas ria ke pekanbaru pake sepeda motor, padahal dia baru aja selesai ujian tingkat berat!!! Ya amppppuuun maafkanlah ketidak berdayaan ayu ya pa, ma, bang anang, kak shanti, dan bang nanda… Semua ini gakan pernah ayu lupa seumur hidup!!!!!!!!!!!!!!!

Sampe di pekanbaru jam 6 sore, saya masih sedikit demam, tapi paling tidak saya bisa istirahat. Mama menyuruh saya segera tidur dan lupakan segala tekanan2 yangs edang saya hadapi. Mama menyuruh saya benar2 rileks…. Saya berusaha kelihatan rileks padahal otak saya berputar tiada henti!! Malam itu mati lampu!! padahal malam itu seharusnya saya mengetik surat izin penelitian untuk RSUD dan sekaligus belajar unutuk ujian besok!! Tapi saya ga sanggup melakukan semua itu!!!! Saya benar2 ga sanggup!!! Akhirnya saya tertidur dengans angat lelap malam itu, saya ga peduli apa yang terjadi besok…

Pagi itu saya ikut Praktek di Klinik, karena kata temen2 saya pembimbing nanyain surat sakit saya. Syukurlah saya emang ada surat sakitnya kok!! Cuma kemaren ga ada yang  bisa antar, karena semua pada fokus ke pasien saya dan demam saya, sampe lupa masalah surat sakit!!

Pagi itu dengan kepala masih berputar dan masih demam, saya berangkat ke tempat praktek. Tiba2 temen saya kasih tau harus bawa buku unutuk dijadikan Catatan Harian. So, saya dan bang nanda bersepeda motor pagi2 mencari Toko Buku yang sudah buka. Untungnya ada!! Jarak dari rumah saya ke tempat praktek memakan waktu lebih kurang 1 jam, jadinya saya telat 20 menit ke tempat praktek!! Semua udah pada diabsenini kecuali saya!! ALhasil saya kena marah sama pembimbing!! Waktu kena marah, rasanya pengen nangis, tapi saya tahan, saya ga mau keliatan cengeng, matian2 saya ucapkan dalam hati: “tenang yu… ga usah sedih.. bapak ini kan ga tau klo kamu lagi beneran sakit dan mati2an berusaha berdiri tegap disini padahal dunia rasanya lagi gempa oleh mu…. klo bapak ini tau, dia juga ga bakal marah2 begini…”

Dan dengan air mata ditahan, sakit ditahan, aya pun ikut praktek sampe jam 1 siang.  Disela-sela waktu praktek saya sempatkan membaca bahan ujian. Gila, rasanya saya mau muntah karena terlalu tertekan….

Suhu tubuh saya masih panas. Dengan hati dikuat2kan saya beranikan diri menghadap pembimbing yg tadi pagi marahin saya, saya minta izin jika besok saya ga sanggup hadir karena badan saya masih panas. Saya takut Bapak itu ga percaya, saya sempat ditanya2 segala macem… tapi syukurlah bapak itu mengizinkan, terimakasih Bapak!!!!

Jam 1.30 siang saya udah sampe di kampus, di boncengi Ijonk saya sampe dengan selamat di kampus. Gila panas bgt suhu tubuh saya.. Teman2 saya pada makan, tapi saya malah ga bisa makan, semuanya terasa oahit bagi saya. jadi saya memilih hanya minum Jus sambil sekali lagi membaca bahan ujian. Ujian pun tiba, saya duduk di depan. Soal pun tiba, pandangan berkunang2 segala hari-hari yang terlewati berkelebat dipandangan saya, papa, mama, bang anang, kak Shanti, bang Nanda…. Akhirnya saya tekadkan saya harus dapat nilai paling tinggi!!!!! semua untuk  mereka!!! untuk pengorbanan mereka!!! Yap, meski ga semua soal bisa saya lahap, tapi paling gak saya udah usaha, udah usaha nyontek juga!!! hewehwewhewewhew!!! Dan.. Voilaaa saya selesai ujian.

Buru2 saya turun ke Kantor ruang dosen, saya mau minta surat pengantar penelitian saya di RSUD Rokan Hulu. Dan segera saya sms kan nomor surat nya ke Bang Nanda yang menunggu di rumah, untuk mengetik nya… Saya pulang ke rumah diantar sama enita, Terimaksih bgt Nit!!!

Sampe dirumah, saya dan Bang nanda langsung mengedit beberapa kata yang udah diketik bang nanda, surat ini juga dilampirkan untuk direktur RS. Dan akhirnya di print!!! Tepat beberapa detik setelah di Print, listrik pun mati!!!! Tuhan mendengar doa saya!!!! Tuhan menunggu hingga saya selesai ngeprint, baru listriknya mati!! Alhamdulillah!!

Selesai surat2 itu di Print, saya langsung ganti baju dan siap2 berangkat ke Giti, karena surat2 itu sudah harus saya antarkan ke Rs besok pagi!!!!!! Sekali lagi mama mengantarkan saya, tapi mama ga sampe ke Giti, karena papa sendirian di bangkinang, jadi mama turun di bangkinang, sedangkan saya meneruskanperjalanan sendiri ke GIti. Sebelum turun, mama sempat ngomong gini: “mama senang bisa mengantarkan kakak walo cuma sampe di bangkinnag anggaplah separoh jalan, selanjutnya kakak teruskan sendiri…” saya terharu mendengar itu semua, tapi saya tahan air mata saya.

Jam 7 malam saya sampe di Giti dengan kepala sakit tak tertahankan. Tapi saya berusaha tak memperlihatkan semua itu. Bang Anang membelikan saya Martbak Mesir!!!! katanya: Alhamdulillah hari ini dapat rezeki.” sekali lagi saya terharu, dan dalam diam saya memohon pada Tuhan untuk melimpahkan rezeki yang tiada putus bagi keluarga kecil ini.

Subuhnya saya dan bang berangkat ke Pasir Pengaraian. Saya langsung diantar ke RSUD untuk mengurus semua surat2 itu, sedangkan banga anang kembali ke kantor. Ternyata suratnya ga bisa ditandatangani Direkturnya pagi itu, karena ada rapat. Saya menunggu sampe siang, ternayata masih belom juga. Akhirnya Sang sekretaris yang baik hati itu meminta nomor Hp saya dan menjanjikan untuk menghubungi saya jika suratnya sudah ditandatangani. TErimakasih kakak!!!

Akhirnya jam1 siang saya di jemput bang anang dan langsung dicarikan minibus untuk kembali berangkat menuju Pekanbaru. Waktu melewati bangkinang, rasanya saya ingin pulang saja ke rumah!! Ingin tidur sambil dibelai mama!! tapi mama dan papa melarang saya!!! katanya langsung aja terus ke Pekanbaru, nanti kakak terlambat sampai Pekanbaru!!! Ya ampuuuuuun saya kangen mama papa!!!! padahal baru beberapa hari saya ketemu!!

Sampe di pekanbaru jam 5 sore, bang nanda menjemput saya di tempat mobilnya berhenti. Dan bersepeda motor kami pulang ke rumah. sampe di rumah, ada temen Bang nanda, namanya Yonori. teryata dia baru menang undian Bang dengan hadiah 1 juta!!! Waw bgt kan!! jadi mereka merayakan dengan maen PS di rumah.. saya jadi ingat, lebih dari 1 tahun yang lalu, tepatnya bulan Juni, Bang Yonori menemani Bang Nanda yang lagi sakit. Dengan iklas dia merawat Bang nanda sementara kami semua sibuk megurus segala persiapan pernikahan banga anang di Padang. tuhan membalas semua kebaikan nya hari itu!!  Sekali lagi saya melihat keajaiban Tuhan!!! Subhanallah!!!

Yap.. segitu dulu yang mau saya share.. sekarang saya udah ga demam lagi, udah masuk prektek, tapi saya masih flu dan masih suka pusing tiba2…

Tulisan ini khusus buat: Papa, Mama, bang Anang, Kak Shanti, dan bang Nanda… TERIMAKASIH BANYAK UNTUK SEMUANYA!!!!!!!!!!!

Dan Alhamdulillah sebentar lagi kita akan menyambut anggota keluarga baru!! amiiin…. (Kak Shanti Hamil!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!)

With full of love…………………………………………..

Ayaw- si bungsu tak berdaya selalu inigin bisa menjadi kuat…………..

Chatingan

Entah kenapa tiba2 saya ingin publish chatingan saya and sahabat sableng saya, Miss Lover Thobii_thucii, Nia…

Mudah2an aja dia ga marah, coz udah beberapa minggu tulisan ini tersimpan rapi di draft blog saya, bikin sepet mata aja, so yawdah di posting aja..

ayu permata: hoi
nia_rhama06: hoi
ayu permata: baju baru neh yee…
nia_rhama06: temen kantor
nia_rhama06: bikin bj hansip
nia_rhama06: ga ajak²
nia_rhama06: jd disindir deh
ayu permata: maksudnya… cuma lo yg ga pk bj hansip?
nia_rhama06: cuma cewe²
ayu permata: kirain lo pake bj baruuu… coz di status YM lo itu..
nia_rhama06: iya, kan nyindir tmn kantor
nia_rhama06: temen kantor kan ym nya aktif semua
ayu permata: oh… hewehewhewhew…
nia_rhama06: udah liat status fb gw?
ayu permata: belom.. ini baru dibuka..
ayu permata: gilaa.. gw pake celana jaman gw masih semester 3!!! sempit bgt!!! sesak perut gw..
nia_rhama06:
nia_rhama06: merasa kurus gt?
nia_rhama06: nekat bgt
ayu permata: gw lupa bw pulang celana kampus gw!! yang kebawa cuma bj ama jilbab!!! terpaksa pake ini ke kampus!!!!
ayu permata: stres gw!!
nia_rhama06: si “T”
nia_rhama06: tar lg merit bok
nia_rhama06: bln 10
ayu permata: hah!!!!!!
nia_rhama06: lo komennya di “komentari” aja kek
ayu permata: sakit apa dia sampe mendadak gitu??
nia_rhama06: biar status gw, banyak komennya
ayu permata: namanya jg baru belajar FB, jadi masih bingug.. hewehwehwewhw
ayu permata: stress gw…
nia_rhama06: knp seh?
ayu permata: ituwww.. mendadak ada adek tingkat gw yang usil di depan komputer gw.. gangguin gw mulu…
nia_rhama06: hehehehee
nia_rhama06: kasi cium aja
ayu permata: gila lo!! dia emang cwok, dan emang lumayan, dan emang di atas gw setaon.. tapi gilanya sama kayak gw… jadi apa generasi gw berikutnya???
nia_rhama06: gpp
nia_rhama06: buat selingkuh
nia_rhama06: bwt have fun
nia_rhama06:
nia_rhama06: sekali² merasakan indahnya dunia
nia_rhama06: gila gw
ayu permata: gak ah… gw wanita solehah!!!
nia_rhama06: ga mau y udah
nia_rhama06: seboooook
nia_rhama06: ngomong²
nia_rhama06: di cium itu enak lho!
ayu permata: ga mau denger!!! hahahahaha….
nia_rhama06: kok ngakak??
ayu permata: tar klo ciuman.. gw bisa hamil gak??
nia_rhama06: ga
nia_rhama06: cuma
nia_rhama06: rabies..
ayu permata: hah??? rabies??
nia_rhama06: iyaa
ayu permata: udah ah,… ga usah di bahas.. serem gw!!
nia_rhama06: lo mesti belajar deh
nia_rhama06: suerrr!!
nia_rhama06: selama ne jg gw ga mau bahas soal itu² sama lo!
ayu permata: ntar aja belajarnya.. otak gw udah terlalu penuh buat mikir..
nia_rhama06:
nia_rhama06: rugi
ayu permata:
nia_rhama06: kalo ga dicoba
ayu permata: gw ga tau dimanaletak  ruginya..
nia_rhama06: lo bisa hamil waktu ciuman pertama
nia_rhama06: kalo udah expire date
ayu permata: lo kira gw temennya si uwi kroskop!!!
nia_rhama06:
ayu permata:
nia_rhama06: ga percaya??
nia_rhama06: awas ya kalo lo sampe hamil waktu ciuman pertama
ayu permata: tar pas gw dah merid aja.. biar suami gw yang ngajarin!! weeeekkk…
nia_rhama06: kalo aja ada noenie disini….
nia_rhama06: gw pengen keroyok elo!
nia_rhama06: dgn cerita² “itu”
nia_rhama06: !! hahahahahaakk
nia_rhama06: sampe lo nangis di pojokan
nia_rhama06:
ayu permata: jangan dund…
nia_rhama06: hahahahhhkkk
ayu permata: jangan nodai kepolosan otak gw…
nia_rhama06: gw dah punya rencana untuk itu!!
ayu permata:klo gitu  gw minta bantuan nopa!! dia pasti mau bantuin gw!!
nia_rhama06: gw kan ga pernah jahat ma lo
nia_rhama06: jd kali ini mesti
ayu permata:
ayu permata: Nopaaaaaaaaaa!!!! tolong gw!!!!
nia_rhama06: kasiiiiiiiiiiiaaaaaaaaaan deh
nia_rhama06: ga denger kali ma nopa!
nia_rhama06:
ayu permata: iya yah… gw lupa!!
ayu permata: salah emotikon juga!!
nia_rhama06: kmrn gw sama noenie double date
nia_rhama06: hahahahahaakkk
ayu permata: kapan?? mlm minggu dia ke rumah gw dgn bang eman!
nia_rhama06: 2 mgu yg lalu
nia_rhama06: kapan neh kita twin date??
nia_rhama06: payah
nia_rhama06: gw pipis dulu!
ayu permata: twin date?? triple date kali!! gw kan belom!!
nia_rhama06: gara² lo neh
nia_rhama06: jd kebelet
ayu permata: kok gara2 gw??
nia_rhama06: ber 4 dund
nia_rhama06: sama nopa jg!!
nia_rhama06: eh kalo 4 apa ya?
ayu permata: pegi pipis dula sanah!!
nia_rhama06:
nia_rhama06:
nia_rhama06: jd malu
ayu permata: susah dweh ngobrol sama nenek2, bawaanya beser mulu!
nia_rhama06: udah neh cu
ayu permata: mau istirahat ya? c u…
nia_rhama06: sapa yg mau istirahat
ayu permata: kirain lo nulis cu = see u…
ayu permata: gobbbloooookkk…
ayu permata: gw kira lo mau pamit ma gw… dasar dudul neh gw…
nia_rhama06: lo yg goblok
ayu permata: hewehwewhewhew….
nia_rhama06: lo mang dudul
nia_rhama06: sama ma dika
ayu permata: terimakasih udah ngingatin klo gw goblok dan dudul… gw terharu…
ayu permata: dika lebih parah dari gw!!
nia_rhama06:
ayu permata: ada cerita baru apa ttg dika??
ayu permata: jadi lo beli bedroom set?
nia_rhama06: dy mau ngelamar gw
nia_rhama06: kmrn dah nanya di mall
nia_rhama06: 15 jt
nia_rhama06: katnya dy mau kredit aja
nia_rhama06: tp ga boleh ma gw
nia_rhama06: .
ayu permata: apanya yg 15 juta?? mahar buat ngelamar?? dikredit?? emang bisa??
nia_rhama06: kamar set
nia_rhama06: dudul
ayu permata:
nia_rhama06: td dy tanyain kamar set
ayu permata: owh… kamar set ituuuu…
nia_rhama06: skrng tanyain lg apaan
nia_rhama06: yes
ayu permata:
nia_rhama06: yg lo sebut bedroom set td apaan??
nia_rhama06: dudul
ayu permata: coba deh lo baca kalimat lo tadi… gw kirain lo lg cerita ttg dia mau ngelamar lo waktu lo berdua lagi di mall trus dia bilang 15 juta dan mau dikredit!!
nia_rhama06:
nia_rhama06: gw yg dudul
nia_rhama06: eh ga lg lo yg dudul
nia_rhama06: lo tanya “apa crta dika?, jd lo beli bed room set??
nia_rhama06: jd gitu jawaban gw
ayu permata:
nia_rhama06: “dy mau ngelamar gw, kmrn dah ditanya di mall harga nya 15 jt”
nia_rhama06: dudul lo!!
ayu permata: sinting emany yah… pantes aja sering mised komunikasi klo lg chatingan gini…
nia_rhama06: SAPA cobak yg DUDUL????????????????????
nia_rhama06:
ayu permata: si “T” kali yang dudul… merit ga ngajak2 lo.. kan acaranya bisa barengan!!
ayu permata:
ayu permata: lo ga break kerja neh?
nia_rhama06: mau
nia_rhama06: makan
nia_rhama06: siang
nia_rhama06: sama
nia_rhama06: “RZ”
ayu permata: WAW!!!!!! dia di bangkinang???
nia_rhama06: kyknya udah kerja disini deh
nia_rhama06: td katanya dari kantor, mau makan
ayu permata: udah lulus ya??
nia_rhama06: may be
nia_rhama06: ga tau ah
nia_rhama06: malas tanya²
ayu permata: ya sutralah.. met makan siang aja buat RZ lo itu…
ayu permata: eh.. masih bolehkah disebut begitu??
nia_rhama06: ga jd makan nya
nia_rhama06: dy mau ke pku
ayu permata: kok bisa secepat itu lo tau?
nia_rhama06: dodol tu org
nia_rhama06: dy kan sms
ayu permata: owh.. hewhewhew..
ayu permata: eh.. gw iseng nyari esti and wiwik di FB!!
ayu permata: nama panjang wiwik sapa ya… rada lupa gw…
nia_rhama06: trus
nia_rhama06: sri widyati
ayu permata: bukannya Fajri dwi ariani??
ayu permata: hiks.. ga ada nama mereka..
ayu permata: sedih gw menyadari kenyataan itu..
nia_rhama06:
nia_rhama06: sebenernya gw ngarang
ayu permata:
ayu permata: gw kangen sama mereka.. dah lama ya kita ga ketemu mereka..
nia_rhama06: ada
nia_rhama06: gw dapet
ayu permata: itu Fajar!! buan Fajri!
nia_rhama06: listia irmasuriani
ayu permata: HAH!!!! BENERAN ESTI??
ayu permata: td gw coba pake spasi!!
nia_rhama06: liat di permintaan teman lo
nia_rhama06: kalo nyari namamya satu²
ayu permata: iya.. gw tadi ngetiknya: listia irma suriani.. tapi ga ketemu..
nia_rhama06: ketik satu² ja dulu
nia_rhama06: listia
nia_rhama06: kalo ga dapet
nia_rhama06: listia irma
ayu permata: udah gw coba!! ga ketemu2! yang namanya esti banyak.. tapi bukan esti kita!!
nia_rhama06: kok gw dapet?
nia_rhama06: tp ga ada poto
ayu permata: td gw juga gitu.. ga ada poto. pas gw liat propilnya.. rasanya itu bukan esti.
nia_rhama06: hahahahhaahh masa sih?
ayu permata: iyah.. sampe seteres gw nyari.. udah kapan2 gw cari lg…
nia_rhama06: dy kuliah di pku kok sekarang
nia_rhama06: kata nyokap di unri
ayu permata: hah??? sedekat itu dgn kita?? kok ga pernah ketemu!! lo cari tau donk!
nia_rhama06: gw??
nia_rhama06: cari tau??
nia_rhama06: mau cari kemana neng??
ayu permata: sama nyokap lo..
nia_rhama06: gw tanyain kos²an di pku satu²
nia_rhama06: dy ga tau
nia_rhama06: dy cuma tau sampe situ
nia_rhama06: gw kmrn blg kalo dy di unri gobah
nia_rhama06: suruh tgl sini ja”di sumatra
ayu permata: kata temen gw yang tetanggan dgn dia di bengkalis (dulu gw dah ceritain ke lo), esti n keluarganya udah pindah…
nia_rhama06: iyah
nia_rhama06: emang
ayu permata: WAw!!!! ternyata dia ada disekitar kita…
ayu permata: terharu gw..
nia_rhama06: kalo ga salah jg wiwik yg kuliah di pku
ayu permata: huaaaaaaa…. hikkkssss
nia_rhama06: lebaiii
nia_rhama06: kalo jodoh pasti ketemu
ayu permata: jyaaaa… jodoh.. kata2 itu bikin gw step!!!!
nia_rhama06:
ayu permata:
ayu permata: menurut lo gw ada jodoh gak?
nia_rhama06:
nia_rhama06: ga
ayu permata:
nia_rhama06:
nia_rhama06: bodo’
nia_rhama06: kalo ada,
nia_rhama06: mau lo apain??
ayu permata: jahat lo!!
nia_rhama06:
nia_rhama06:
ayu permata: tunjukin kek dia sayang gw!!!
nia_rhama06:
ayu permata: knapa Tuhan terlalu lama bikin gw susah nemuin dia..
nia_rhama06: Tuhan??
nia_rhama06: lo kali
nia_rhama06: lo aja terlalu menutup diri buat cowo²
nia_rhama06: udah ada, eh malah
nia_rhama06: banyak alasannya
ayu permata: eh.. gw kan percaya.. Tuhan menyimpannya buat gw, tapi kok terlalu lama ya??
nia_rhama06: (sadis gw)
nia_rhama06: (biar ahhh)
ayu permata: udah ada??? mana?? mana?? MANA???
ayu permata: SALAH EMOTIKON LAGI!
nia_rhama06: kalo lo percaya Tuhan nyimpennya buat lo
nia_rhama06: ya udah ga usah tanyain lg di mana jodoh lo
ayu permata: gw selalu berdoa semoga Tuhan kasih gw petunjuk, tapi ga pernah ada petunjuk apapun…
nia_rhama06: lo tau kan setiap kali ada cowok yg naksir lo ato apa..
nia_rhama06: ada² aja yg lo blg,
nia_rhama06: “gw takut…
nia_rhama06: tar dy nyesal krn gw ga sesempurna yg dia pikir”
ayu permata: mereka cuma baek sama gw.. tapi kan ga pernah bener2 suka sama gw…
nia_rhama06: “gw takut
nia_rhama06: tar dia kecewa setelah tau gw yg sebenarnya”
nia_rhama06: nah itu tuh!!!!
ayu permata: halah!! itu kan jawaban gw!!!!
nia_rhama06: “mereka cuma baek sama gw.. tapi kan ga pernah bener2 suka sama gw…”

nia_rhama06: parno
nia_rhama06: krn itu lo menjauh..
nia_rhama06: mana tau mereka jodoh lo
ayu permata: ya iyalah.. karena gw baik sama mereka, mereka juga baik sama gw… ga pernah bener2..
ayu permata: klo mereka jodoh gw, kenapa ga ngejar gw balik??
nia_rhama06: no coment
nia_rhama06: eh,
nia_rhama06: knp ga lo aja yg kejar
ayu permata: knp gw dipilih cuma karena udah ga ada cewek yg lain?
nia_rhama06: kan ga semua org berfikir bwt ngejar balik
nia_rhama06: mana tau dy malah berfikir, ah mgkn dy mang ga mau ma gw, mgkn ngejar dy balik hanya akan nyusahin dya aja, mgkn keberadaan gw ga dy harepin
ayu permata: Halllooowwww seharusnya klo jodoh kan ga kayak gitu!!!!
nia_rhama06: kalo dia pikir gt gmn??
nia_rhama06: menurut lo sayang??!!
ayu permata: berarti dia bukan jodoh gw… hiksss…
nia_rhama06: jodoh itu kan dateng nya dgn berbagai cara
ayu permata: Makanya gw mau dia kejar gw balik, ngeyakinin gw saat gw ga yakin..
nia_rhama06: lo tau ga, tmn kantor gw, dapet jodoh karna dy dikenalin ma temenya, trus sekali ketemuan , langsung di lamar besoknya trus sebulan kemudian merit
nia_rhama06: see??
nia_rhama06: semudah itu menemukan jodoh
ayu permata: Gw pengen kisah yang kayak gitu!! tapi ga ada yang datang ke gw!!
nia_rhama06: kalo ga kyk gt?
ayu permata: gw terus2an berusaha jadi yang terbaik, biar nanti dia bangga sama gw.. tapi ga ada..
nia_rhama06: lebaiii
nia_rhama06: no body perfect
nia_rhama06: ok!
ayu permata: ga tau deh.. mungkin gw dijodohin kali…
ayu permata: Gw pengen liat lo bertiga merit dulu.. biar cwok gw tar ga diembat!!! hahahahahaha
ayu permata: eh.. gw mau pergi neh.. laper gw…
ayu permata: (sebenernya mau nangis di pojokan…
nia_rhama06: SAMA
nia_rhama06: GW JD MAKAN MA RZ
ayu permata: huwaaa????
ayu permata: eh…. gw postingin obrolan ini ke blog ya!!

eh.. Nia udah OffLine, dia ga tau saya bakal postingin ini… hewhewhewhew!!!

CTRL+A,  trus Copy ke New post blog saya, trus Save Draft…

Dan..hari ini resmi di publish tanpa pemberitahuan lebih dulu ke NIa… Hohohohoho….

Momo

Dunia serasa hancur sejak saya mendapatkan sms dari  mama:

“kakak ayuk jngn shock dan jngn sedih ya kak… krn mama hrs menympaikan berita duka. Adek manja kesayangan kita bernama MOMO mati tadi pagistelah sakit 2 hari, mngkn krna keracunan mkn binatang. Jasadnya udah mama kubur dkt rmpn pisang dan mama tanam bunga. Kakak jgng nangis ya.. Setiap yang kita sayang pasti akan diambil kmbali oleh Allah.”

Tangis saya merebak, mata saya panas, kepala saya sakit, hatis saya bergetar…

Momo kucing kesayangan saya sudah tiada, justru disaat dia sedang lucu-lucunya..

Mungkin ini terlihat konyol dan bodoh bagi beberapa orang.. tapi saya benar2 sedih…

Saya teramat sayang Momo… Dia lucu, menggemaskan dengan bulu hitam halus serta tangan dan kakinya yang aneh… (agak sedikit pendek dibanding saudara-saudaranya..)

Momo kucing yang lucu, gemuk dan pemalas. Kalau selesai makan, Momo bias tidur di piring bekas makannya, ga peduli badannya belepotan nasi…Lucu sekali… Hikss…

Momo kucing yang mama terutama sama Mama saya. Kalau mama saya mau pergi ke pasar, Momo lah yang akan mengantarkan mama sampai ke gerbang depan. Trus klo mama pulang, Momo lah yang paling pertama menyongsong sepeda motor mama..

Trus biasanya MOmo juga yang sibuk meriksa belanjaan mama.. Klo mama lagi masak, Momo pasti ada di dekat mama.

Klo sedang tidur, Momo lucu sekali. Dia gak peduli mau diapain juga, mau dibolak-balik tetap aja tidur. Dan Momo paling sering mengigit lidahnya, seperti bayi…

Momo juga sering tiba-tiba manjat di tubuh kita sampe ke leher belakakng terus naik ke kepala lalu cium pipi kanan-kiri kita!! Momo memang kucing yang aneh…

Kini… Tiada lagi semua itu.. tiada lagi Momo… Gak akan ada lagi rebutan tidur disebelah mama klo sedang nonton, karena Momo pasti pengen deket dgn mama.

Gak ada lagi bercanda di tempat tidur dengan MOmo, rebutan bantal…karena dia inigin menguasai seluruh bantal…

Gak akan ada lagi ngebersihin muka sambil ditemennin Momo yang sibuk maini berbagai macam alat kosmetik saya……

Momo sayang… kapan lagi kita main2 di kebun belakang?? Kapan lagi saya melihat kamu bersembunyi di balik rimbunnya daun kacang?? Kapan lagi saya melihat kamu meliompat-lompat bahagia klo mama sedang membakar sampah di kebun belakang rumah??

Tidak akan ada lagi semua itu…

saya pasti akan selalu merindukan Momo.. pasti…

Sudah 6 jam saya menangis disini…

Tadi setelah dapat sms dari mama, dalam perjalanan pulang dari praktek, saya menangis. Di dalam Bus Kota pun saya menangis, ga peduli orang2 muali memperhatikan saya. Mungkin orang2 pikir klo saya ini cewek yang baru diputusin cwok, karena kebetulan saya lagi nentengin helm. Masa bodoh!! Saya ga peduli!!!

Setibanya di rumah, sepi… saya sendiri… saya tutp semua pintu dan jendela, saya turunkan semua gorden, saya matikan semua lampu.. saya ingin sendiri, saya inigin hening, saya ingin mengenang Momo yang tak dapat saya lihat bahkan untuk terakhir kalinya.. Saya masih di Pekanbaru, belum bias pulang ke Bangkinang. Saya baru bisa pulang hari sabtu nanti, mungkin tanah Momo sudah mengering…

Ingin rasanya saya pulang ke bangkinang, melihat kuburan Momo, mungkin akan menggalinya hanya untuk melihatnya sebentar saja lalu menguburkannya dengan tangan saya sendiri…

Saya sayang Momo, saya selalu memanggilnya adek… Karena bagi saya, sayalah kakaknya…

Semua hal selalu saya ceritakan pada Momo, meski mungkin dia tidak mengerti dan lebih memilih mendengkur, tapi saya senang.. paling tidak saya merasa ada yang mendengar saya…

Saya selalu berkata akan memasukkan Momo ke dalam mesin cuci kalo dia udah mulai main kotor-kotoran, saya sellau mengganggu dia klo dia sedang sibuk main dengan daun-daub atau tali. Saya selalu menimang2 dia klo saya ingin sekedar mengganggu dia…

Dia sangat kecil, baru 7 bulan, tapi begitu gendut, hampir meledak karena makannya banyak dan suka tidur.

Baru 2 hari yang lalu saya bilang ke abang saya betapa saya rinduuuuuu berat dengan MOmo, entah kenapa. Dan baru minggu kemaren entah kenapa saya berkata begini ke Momo: “Mo.. kakak mau momo sebesar ini terus, ga usah gede, kan imut klo segini terus…” Tapi ternyata Tuhan mengabulkan itu, meski dengan cara yang berbeda. Momo akan tetap sebesar itu dalam ingatan saya.. selamanya….

Saya menyesal tidak menghabiskan lebih banyak waktu dengan Momo..  Saya menyesal tidak bersama Momo disaat terakhirnya, saya menyesal tidak ikut menguburkan Momo… Momo kucing saya yang paling saya sayang…

Yang bikin saya lebih menyesal lagi, hari Minggu kemarin saat saya sedang menyiapkan pakaian untuk kembali berangkat ke pekanbaru.. Saya mengendong Momo dan membawanya bermain di atas tempat tidur saya,. Lucu sekali.. Saat saya memasukkan baju ke dalam tas, Momo juga ikut masuk ke dalam tas, saya melarang Momo masuk ke dalam tas. Berkali2 itu terjadi, sampai saya kesal sendiri…”Momo jangan nakal ah… kakak mau ke pekanbaru, tar kita main lagi..”

Tapi ternyata itu tak pernah lagi. Tak ka nada lagi bau Momo di kamar saya!! Mungkin saja kalo waktu itu saya bawa Momo, mungkin saat ini dia masih disini bersama saya. Mungkin saya tidak menangis seperti orang gila disini…

Sudah 6 jam saya menangis di sini, mata saya sudah bengkak parah… Sapu tangan sudah tidak mempan menghapus air mata saya… Kepala saya sakit karena terlalu lama menangis…

Tadi abang saya memperlihatkan foto2 Momo yang sempat tersimpan di hp nya, saya menangis lebih keras.. inigin rasanya berlari ke bangkinang menggali kubur Momo, membangun kannya dan memberinya makan ikan asam pedas…

Saya tidak tau bagaimana nanti saat saya pulang ke bangkinang. Biasanya klo saya pulang ke bangkinang, hal yang bikin saya lari ke dalam rumah adalah Momo!! Saya ingin melihat Momo, kalo dia tidakj ada, saya akan mencarinya ke belakang rumah, memanggil2 nya dan biasanya dia segera muncul…

Tapi kini… entah bagaimana saat saya pulang.. hanya seonggok tanah dengan bunga diatasnya yang bisa saya temukan…

Tadi saya menelpon mama, menanyakan bagaimana persisnya kejadian itu. Kata Mama sejak pagi Momo udah kelihatan lemah, nafasnya satu-satu, lidahnya kuning. Mama segera meletakkan Momo di dekat rak sepatu, lalu dias tidur. Tidak lama Papa melihat Momo makin lemah, nafasnya semakin jarang. Kemudia mama datang membelai Momo.. lidahnya kuning. Nafasnya semakin jarang. Mama terus membelai Momo hingga Momo tidak lagi bernafas… Rasanya Mama tak percaya… Momo sering pura2 mati kalo sedang tidur… Mama menunggu hingga siang, MOmo tak kunjung bernafas. HIngga semut pun merubungi Momo. Dengan deraian air mata, Mama pun menguburkan Momo… Saya tau betapa sedihnya mama…. Seandainya saya disana saat itu, mungkin kami bisa menangis bersama dan saling menguatkan…

Momo adekku yang paling aku sayang…

Tak ada satupun yang tau bahwa saya bertekad menulis nama MOmo serta saudara2 nya pada lembar ucapan terimakasih pada tugas akhir yang sedang saya tulis ini. Tapi ternayat Momo tak sempat melihat itu nanti… Momo doakan kelancaran KTI kakak ini ya…

Momo yang kami sayang, semoga MOmo ga pernah sakit lagi disana.. semoga MOmo ga pernah lapar disana, semoga MOmo ketemu keluarga yang baik disana….

Disini kami akan menjaga saudara-saudaramu.. Meme… Mimi…. dan Mumu…

Mo, sampai kapanpun kamu akan tetap menjadi bagian keluarga ini, kita pernah susah dan senag bersama, pernah tertawa dan dimarahi bersama… Jangan pernah sedih disana… dan saya pun akan masih mencoba untuk tidak menangis disini.. meski saya tak yakin apa besok saya bias berhenti menangis?

Rasanya seperti mimpi ya Mo?? Kamu sudah tak ada lagi8 disini sekarang… Mungkin di Bangkinang, mama akan masih salah memberi makan 4 ekor kucing, padahl kini sudah tinggal 3 ekor. Mo.. saying indukmu sudah dulu perghi meninggalkan kamu entah kemana demi cinta nya pada kucing jantan yang sebenernya ga cakep2 bgt, tapi ya mungkjin di dunia mu kucing seperti itu udah keren… Mungkin klo induk disini, dia pasti juga bakal sedih…

Ayahmu juga sudah tak ada karena tanpa sengaja ikut transmigrasi bersama mobil bang anang waktu bang anang ke Giti. Itu kan salah dia sendiri ya Mo? Siapa juga yang suruh main2 di dalam mobil waktu bang anang lagi  masukin barang2? Kan dia jadi terbawa pergi sangat jauh.

Momo sayang…

Kakak gak tau kapan kakak akan bwerenti nangis… tapi yang jelas.. kakak berharap Momo bahagia disana…

Sampai kapan pun kakak sayang Momo….